Halo Selamat datang di GitaranSenja. Kali ini admin akan berbagi sedikit ilmu untuk kalian yang akan belajar bermain gitar. Jika kalian sedang mencari blog untuk belajar gitar disini lah tempatnya. Tidak hanya itu, di blog ini kalian juga bisa sharing dengan cara berkomentar dan berbagi ilmu untuk teman teman semua. Yuk, langsung saja.


Gitar - GitaranSenja


Bingung Belajar Gitar Mulai Dari Mana?

Sebelumnya apa itu gitar? Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umunya menggunakan jari maupun plektrum. (Wikipedia). Ya, Gitar adalah sebuah alat musik yan dimainkan secara dipetik dan menggunakan kemampuan tangan untuk memainkannya. Di pertemuan kali ini, Gitaransenja akan sharing tentang bagaimana cara bermain gitar yang benar.

Gitaransenja akan berbagi berdasarkan pengalaman admin untuk bisa bermain gitar walaupun admin juga masih butuh belajar tapi tidak ada salahnya berbagi ilmu untuk teman teman yang membutuhkan. Tentu dalam hal belajar kita tidak mungkin langsung mahir semua ini butuh proses dan perjuangan agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut cara yang admin lakukan berdasarkan pengalaman.

Tips Bisa Bermain Gitar


1. Niat


Jika teman teman sudah niat dan bersungguh sungguh ingin bisa bermain gitar tentu hal itu bukan tidak mungkin. Dengan niat, tanpa kalian sadari teman teman berada di blog ini untuk belajar gitar dan itu karena adanya niat. Tanamkan percaya diri dalam diri kita bahwa saya bisa memainkan gitar dan bisa mahir memainkannya. Jika orang lain bisa kita kenapa tidak?

2. Mengenal Letak Chord


Selanjutnya mulailah dengan mengenal chord yang paling dasar terlebih dahulu. Seperti halnya chord C, D, Dm, E, Em, G, A, Am. Kenapa tidak Cm, F, Fm, B, Bm? Karena chord tersebut dibutuhkan skill lebih lanjut agar kalian bisa memainkannya. Meskipun ada beberapa tehnik cara memainkannya dengan mudah, tapi akan lebih baik jika teman teman belajar dasar terlebih dahulu agar nanti lebih mudah dan paham.

Chord tersebut sering dikenal dengan istilah Chord jepit/gantung yang dimana cara memainkannya terbilang sulit bagi pemula. Jadi, admin sarankan pelajari Chord yang menurut kalian mudah terlebih dahulu. Jika teman teman sudah paham, maka dalam tahap selanjutnya pun akan terasa lebih mudah. Baca Juga : Chord Dasar Pada Gitar

3. Rajin Latihan


Jika kalian sudah hafal dan paham dimana letak letak chord dan bagaimana bunyinya, selanjutnya kalian perlu latihan minimal 1 hari selama 30 menit jika bisa ditambah. Luangkan waktu untuk berlatih jika kalian benar benar ingin bisa bermain gitar.

Latih lah jari kalian sampai suara dari gitar terdengar bersih dan coba memainkan chord secara berpindah pindah agar jika nanti mengiringi lagu kalian sudah terbiasa. Pada awal bermain memang jari akan terasa sakit, tetapi jika kalian terbiasa jari kalian akan keras sehingga tidak sakit saat memainkannya.

4. Pelajari Lagu Yang Mudah


Tentu tidaklah mungkin kalian bisa memainkan lagu bergenre seperti jazz, rock, indie dan sebagainya dengan chord dasar. Semua itu butuh proses dan membutuhkan latihan yang maksimal jika kalian ingin menguasainya. Cobalah mulai dengan memilih lagu yang memiliki chord mudah seperti lagu Sheila On 7 - Anugrah Terindah (maaf bukan iklan). Lagu tersebut memiliki chord sangat mudah dimana hanya memiliki 2 chord saja.

Atau jika kalian ingin bisa memainkan banyak chord, cobalah memainkan lagu Peterpan - Semua Tentang Kita karena dalam lagu tersebut mencakup banyak chord dan jika kalian bisa memainkannya, otomatis kalian juga akan bisa banyak lagu karena banyak lagu yang memiliki chord sama.

Jika berdasarkan pengalaman admin, lagu pertama yang admin pelajari adalah lagu Naik Naik Ke Puncak Gunung karena waktu itu admin masih SD :D. Gunakanlah referensi seperti google dan youtube agar memudahkan kalian berlatih dan menemukan lagu yang cocok yang kalian suka dengan menggunakan chord dasar.

5. Asah Skill


Nah, jika kalian sudah bisa memainkan beberapa lagu atau kalian sudah bisa memainkan chord dasar  tanpa hambatan dan bisa memindahkannya, cobalah terus asah skill tersebut dan cobalah lagu lagu baru yang kalian suka ataupun lagu terbaru. Dengan begitu, tanpa kalian sadari kalian bisa bermain gitar dan belajar ke tahap selanjutnya.

Jika kalian sudah berada ditahap ini, kalian bisa mencoba lagu yang membutuhkan Chord jepit/gantung secara perlahan. Tunggu postingan admin selanjutnya Cara Memainkan Kunci Jepit/Gantung Pada Gitar.

6. Konsisten


Hal ini juga perlu kalian lakukan, jika kalian hanya ingin bisa gitar dalam satu hari saja, itu tidak mungkin. Meskipun kalian bisa pasti tidak akan mahir memainkannya secara cepat karena para gitaris terkenal pun setiap hari meluangkan latihannya untuk bermain gitar entah itu pemanasan seperti fingering dan lain sebagainya.

Sampai disini tips GitaranSenja yang diberikan. Pesan admin teruslah berlatih sampai kalian benar benar mahir dan jadikan hobi kalian bermanfaat bagi semua orang melainkan bukan untuk menyombongkan diri atau hal negatif lainnya.

Mohon maaf jika ada penulisan kata yang tidak baik atau kata yang menyinggung teman teman, karena admin juga sedang dalam tahap belajar. Jika ada yang ingin sharing atau pertanyaan silahkan komentar dibawah dengan bijak. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat.